Deretan kuliner Top pas lagi NGIDAM

Hamil 3 bulan emang bener lagi parah-parahnya ngidam pengen ini itu..suka mual…dan anehnya emang mangga muda jadi favorit..padahal sbelumnya ndak pernah hobby makan itu buah.

image

Rujak manis Gelael dengan banyak porsi mangga mudanya

Tapi bukan cuma mangga masih banyak makanan yang ku kepingin..untungnya…suami sabar dan mau nurutin ini itun.wehehehehe

Di Makassar memang ndak semua makanan ku suka..tapi yg paling enak di sini menurutku cuma SOP Sodara PARU (paling bisa diterima pas lagi mual)

image

Sop sodara Paru dekat Bpr Hasamitra Pasar Central Makassar

Trus ada lagi yang enak di Makassar itu lontong sayur 37 ribu di warung kecil sebelah Popsa..cuma buka pagi

image

Sudah bosan makanan di Makassar..alhasil lewat trisemester pertama kehamilan ane pulang ke jawa timur buat makan apa aja yang memang ku pingin dan belum keturutan..

Pertama sarapan gudek jogja dirumah orang tua.wkwkwk

image

Kedua lanjut makan tahu tek khas surabaya..ma tahu campur surabaya..(cuma tahu campurnya ndak sempet difoto sangking ngidamnya mpek ludes duluan)

image

Ketiga..lanjut bakso Damas Malang..di Jl. SUHAT (dulu ini tempat favorit jaman pacaran ma suami) enak dan murmer

image

Keempat..lalapan belut di perempatan kalpataru..lesehan..murah bingit..yang makan disana anak kuliahan di Malang..wkwkwk

image

Biar porsinya kuli..tapi ternyata aku sanggup menghabiskan..haha

Kelima..aku ditemenin suami buat pesen Burger Buto..Buto Keceng..Buto Ijo..ma Gula Buto

image

Gula-gula buto..super gede

Setelah puas makan mpek genduth..aku pulang kesurabaya..dan balik kemakassar… 🙂

image

Yang jelas terimakasih banyak buat suamiku…yang sudah baik banget belikan semuanya..hehehe

KuliNAKK (KULINER UENAAKKK) JAWA TIMURAN – Holiday Edition

Sebuah vacation, liburan, ataupun jalan-jalan tidak akan pernah lengkap kalau tidak dibarengi namanya kuliner nusantara, atau makanan khas tempat yang kita singgahi.

Naaaaahh…..di kesempatan kali ini sexybeautytraveler mau sharing tentang Kulinak (Kuliner Enakk) khas Jawa Timur. Seminggu yang lalu sexybeautytraveler melakukan perjalanan ke beberapa kota di Jawa Timur dan menikmati beberapa sajian.

1. BAKSO EDDY – Probolinggo

Semangkok Bakso Eddy - Campur

Semangkok Bakso Eddy – Campur

Bakso dijual super manteb (Enak) dengan beragam isian ada yang isi ati, telur puyuh, bakso alus (halus), bakso kasar dan yang gak ketinggalan gorengannya. buat minumannya juga macem-macem tapi biasanya kalau saya dan keluarga paling enak makan bakso sambil nyruput air jeruk adem (es jeruk manis).

Harga 1 porsi bakso campur yaitu Rp. 10.000 (include gorengan), kalau yang hobby nambah gorengan bisa juga mesen lagi gorengannya 1 porsi dengan Rp. 10.000 (itu kalau masih tetep harganya yah?hehehe 😛 )

Tempatnya tidak jauh dari probolinggo kota, tempatnya didepan Pabrik Eratex. Jangan sampai salah warung…karena berjarak beberapa meter dari Bakso Eddy ada warung yang baru dibangun miriiiiiiippp banget dengan bakso edyy (tapi beda nama 😛 ). Yang jelas kalau BAKSO EDDY – Probolinggo tidak pernah sepi oleh pengunjung, dan gak jarang artis-artis ibu kota yang mampir di Jawa Timur diarahkan untuk singgah dan mencicipi Lazizznya ini bakso (meat balls).

2. Tahu Campur – Surabaya

Next Trip adalah icip-icip Tahu Campur di Kota Surabaya, Tahu campur ini terdiri dari tahu (pastinya), lento (Singkong yang dipadatkan),daging-daging glenjer (empuk), mie kuning, selada segar, toge (kecambah), krupuk, dan disiram kuah panas yang Lemak niaaannn (Super Uenakk…!!).

Awalnya dulu aku gak suka banget yang namanya tahu campur, lontong kikil atau dll yang semacamnya tapiiiiiii……sejak diajak ke Salah satu warung kaki lima Tahu Campur di Jalan Diponegoro Surabaya ma Pacarku (Bung Angga Tri Laksana)…aduuuuhhhh langsung deh ketagihaannnnn…Yummmyy….

Tempatnya buka dari sore sampai malem, dan yang jelas gak mungkin sepi pengunjung, ampek penuh-penuh pembelinya. kalau lagi rame bisa sampek antri-antri.

3. Tahu Tek – Surabaya

Tahu Campur sekitar komplek rumah

Tahu Campur sekitar komplek rumah

Masih dengan olahan tahu (hebat bener neh orang surabaya tahu diapain aja). Bedanya Makanan khas surabaya satu ini di goreng  dengan sedikit telor, terus di kasi toge, dan sambel petis khas surabaya (bagi yang tidak suka pedes bisa order “gak pke pedes mas”). Tentunya disajikan dengan nasi putih anget dibawahnya.

Makanan ini biasanya di jual pas malem, kalau di rumah tinggal ku (Dukuh Kupang Barat) biasa ada mas-mas penjual tahu Tek yang jalan keliling komplek setelah lepas waktu shalat magrib.

4. Lontong Kupang – Sidoarjo

Minggir sebentar di Warung Lontong Kupang Sepanjang Jalan Surabaya-Sidoarjo

Minggir sebentar di Warung Lontong Kupang Sepanjang Jalan Surabaya-Sidoarjo

Kali ini agak mentang (jauh – dalam bahasa jawa timuran) sedikit dari Surabaya yaitu Kota Sidoarjo. Kota Sidoarjo ini ternyata memiliki makanan khas yang Unik dan Enak (NIKNAK) 😀 .

Makanan yang saya makan kemarin adalah Lontong Kupang dimana lontong disajikan dengan Kupang (kerang kali kecil-kecil), lento (irisan Singkong yg dibentuk bulat-bulat dan digoreng), petis yang diulek dengan lombok diatas piring saji dan terkhir di siram dengan kuah kupang yang sedap.

Di sepanjang jalan raya Surabaya-Sidoarjo (bukan lewat tol) akan ditemukan sederetan warung kakilima Lontong Kupang dengan Mudah. Biasanya kalau makan lontong kupang minumnya adalah Es Degan Ijo yang dipercaya dapat menetralkan rasa alergi (bagi yang alergi kupang) dan menyegarkan saat siang hari.

Warung Kupang biasanya buka Pagi jam 10 hingga sore, kalau malam jarang yang buka.

5. Kedai Sabindo – Perumahan Ketintang, Surabaya

Roti Cobra - Sabindo

Roti Cobra – Sabindo

Sebetulnya Kedai ini tidak menjual makanan khas Surabaya. Namun Tempat ini saya tulis karena yang disajikan adalah makanan khas timur tengah dengan harga mahasiswa alias terjangkau. Lagi-lagi yang mengajak saya adalah Bung Angga Tri Laksana hehehee.

Di sana kami memesan beberapa makanan yang direkomendasikan seperti Roti Kobra dan Nasi Goreng Ayam Pedas juga tidak lupa memesan Roti Tisu rasa coklat keju untuk di bawa pulang. JEMPOL pokoknya. Kalau Nasi Goreng ayam pedas saya tidak heran tapi untuk nasi kobra dan roti tisu memang sedikit asing.

IMG-20130404-00960

Setelah disajikan saya baru tahu kalau Roti Tisu itu semacam roti tipis (Kue Lekker) yang dibentuk kerucut tinggi dan Crunchy (Kress) saat di gigit. Roti Kobra itu ternyata bukan roti yang ada ularnya melainkan Roti Canai (Roti maryam khas timur tengah) ditambah dengan telor dan daging gulai kambing..Laziiiiizzzzz….

Bagaimana Traveler….???masih mau mikir apa lagiii…??untuk singgah di Surabaya dan menikmati sajian khas Kota-kota Arek Jawa Timur??? 🙂

Sebetulnya masih banyak sih…KuliNak (Kuliner Enak) yang perlu dicoba dan recomended di Kota-kota yang ada di jawa Timur ini. seperti :

Bebek Sinjay – Bangkalan, Madura

Sego (Nasi) Sambel Bawang Mbah Jayus, Jl. Blimbing, Malang

Burger Buto Kedai 27, Malang

Semanggi Surabaya, Tugu Pahlawan (TP Pagi)

dan masiiiiiiiihhhhh banyak lainnya…tapi yang ditulis…baru ini dulu yah…sabar dan simak terus tulisan Traveling dan Kulinak sexybeautytraveler lainnya..oke