Kuliner Manado yang Menggoyang Lidah & Lazizzzz Abis…

Selain nasi panas ditambah sambel roa dan bubur manado ada 2 macam lagi yang enak2 di Manado ini..#let’s check

Pertama yaitu nasi kuningnya..nyamm nyammm…kalau pagi banyak yang jual di warung2…misalnya warung nasi kuning Saroja biar tempatnya sederhana tapi yang datang untuk makan di sini banyak…karena sajian nasi kuningnya yang homy banget dan maknyuss.. di nasi kuning itu ada daging, telur, kuah sayur, sambel kering, dan jangan lupa minum teh anget..makinn siiihhpp. Bisa juga nasi kuning di sini dibungkus utk oleh2..biasanya dibungkus pakai janur kuning dan bisa bertahan dari pagi sampai malam..waktu kemarin mbungkusnya di warung selamat pagi di gang deket penginapan..itu juga enakk

image

Pagi-pagi disapa nasi kuning Saroja,,mana tahan...!

Yang kedua itu klapertart manado, ini dia khasnya Manado banyak dijual di toko2 kue dan oleh2..contoh saja kemarin sy beli di toko Kartini, untuk klapertart loyang besar dihargai 250rb dan utk loyang kecil cukup 115rb..untuk rasa jangan ditanya lagi..jajanan dari klapa yang so creamy yummy ini disajikan dingin2 jadi rasanya seger, lembut creamy, manis, gurih kelapa, dan aroma rum nya yang khas bisa buat lidah bergoyang-goyang.
Untuk yang dibungkus dan dibawa untuk perjalanan cukup lama bisa pesen yang beku,sesampainya di tujuan bisa langsung kembali disimpan dikulkas..ato yang tidak bisa pakai rum juga bisa pesan yang tanpa rum..

image

Kalpertart Kartini Manado..dingin dingin creamy

Oke guyss…itu tadi perjalanan kuliner di kota manado…sebenernya makannya banyak banget kayak kuliner angel fish di jalan boulevard manado pas malam dll..maklum bawaan ngidam bumil jadi bikin doyaann..hehe

How To Make KLEPON ??? check resepnya di sini!!!

pas pengen nyemil..pas pengen yang manis-manis jadi ngiler kalau inget jajanan khas Jawa satu ini, namanya Klepon. Jajanan kenyal biasanya warna hijau, dengan perpaduan rasa asin, gurih, wangi pandan dan ledakan manis gula jawa di dalamnya. MAK NYEPLUSS!!! ๐Ÿ˜€

makanlah kelepon bulat-bulat dan tutup rapat mulut...karena bom gula cair dalam kelepon bisa meledak saat di gigit.

makanlah kelepon bulat-bulat dan tutup rapat mulut…karena bom gula cair dalam kelepon bisa meledak saat di gigit.

sayang posisi aku saat ini lagi di Makassar jarang denger dan liat jajanan klepon dijual di sekitaran sini. Kata temen-temen sih….kalau di sini namanya bukan kelepon tapi onde-onde cina…kalau onde-onde kacang itu baru yang pakai taburan wijen di luarnya. Katanya sih dipasar ada yang jual…tapi sayang pas jalan-jalan di Pasar Veteran Makassar (deket kosan ane) al hasil gak nemu…padahal lagi ngidam banget sebanget-bangetnya..huhuhuhu T_T.onde

Tapi usaha memenuhi hasrat pengen nggigit kelepon gak berhenti di situ..aku browsing resepnya dan langsung blanja bahan-bahan yang diperlukan buat bikin kelepon.huh…semangat!!. meskipun aku sendiri belum pernah bikin.hehee…supaya ndak salah jadi selain persiapkan bahan dan resep juga masaknya sambil nonton youtube cara bikin kleponย hehehe ๐Ÿ˜› oke sekarang waktunya liat aksiku buat Jajan Klepon :

  1. pertama-tama siapkan bahan taburan kelepon (kelapa parut+garam sedikit). saya membeli kelapa yang sudah parutan ini hanya seharga Rp. 2.000,-. caranya : campur rata kelapa parut dan garam sedikit (untuk aksen gurih), kemudian kukus hingga matang supaya kelapa parut tidak mudah basi.

    buat taburan kita perlu kelapa parut dan garam

    buat taburan kita perlu kelapa parut dan garam

  2. siapkan isian kelepon yaitu gula merah yang disisir tipis. gula merah ini di swalayan di jual Rp. 3.000,- tergantung besar kecil dan beratnya. setelah disisir tipis sisihkan.

    isian kelepon : Gula Merah ato Gula Jawa, or brown sugar

    isian kelepon : Gula Merah ato Gula Jawa, or brown sugar

  3. step tiga yaitu menyiapkan adonan, yang kita butuhkan adalah tepung ketan 250 g, tepung beras 50 g, garam 1 sendok teh, pasta pandan, pasta stroberi dan air secukupnya untuk melarutkan pasta dan menguleni adonan supaya kalis.

    ini dia...bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat adonan kelepon

    ini dia…bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat adonan kelepon

  4. campur 2 tepung tsb dengan garam dan bagi menjadi 2 bagian. kemudian larutkan pasta stroberi (untuk rasa dan warna yang segar dan beda dari kelepon biasa) dan tuang perlahan ke campuran tepung 1 yang sudah siap. Lakukan hal serupa untuk membuat adonan kelepon hijau rasa pandan.
    tuangkan larutan pasta stroberi perlahan kedalam campuran tepung ketan, tepung beras dan garam.

    tuangkan larutan pasta stroberi perlahan kedalam campuran tepung ketan, tepung beras dan garam.

    warna hijau rasa pandang itu yang original untuk jajan kelepon

    warna hijau rasa pandang itu yang original untuk jajan kelepon

  5. setelah kalis diamkan sebentar sekitar 3 menit untuk adonan tsb. kemudian kita bikin bulat-bulat kecil dengan ukuran yang hampir sama. teknik agar bulatan tidak terlalu besar atau kecil, bisa juga kita dengan menggulungnya hingga memanjang seperti silinder terlebih dahulu kemudian dipotong kecil-kecil dengan ukuran hampir sama baru di gulung memutar ditelapak tangan hingga bulat sempurna.
    ini hasilnya setelah adonan jadi, tp diamkan dulu ya..

    ini hasilnya setelah adonan jadi, tp diamkan dulu ya..

    bentuk bulatan-bulatan kecil dan siap untuk diberi isian gula jawa

    bentuk bulatan-bulatan kecil dan siap untuk diberi isian gula jawa

  6. kita pipihkan dan isi adonan klepon dengan gula jawa, kemudian tutup dan bulatkan kembali.

    isi gula ke adonan seperti ini

    isi gula ke adonan seperti ini

  7. step berikutnya rebus klepon yang sudah diisi, masukkan dalam air yang mendidih dan rebus sampai matang. matang kelepon bisa ditandai kalau dia sudah bisa mengapung di permukaan air. tiriskan dan siap diberi kelapa parut yang sudah di kukus.
    rebus kelepon kalau sudah diisi

    rebus kelepon kalau sudah diisi

    kalau sudah matang tiriskan, dan masukkan di kelapa parut

    kalau sudah matang tiriskan, dan masukkan di kelapa parut

  8. guling-gulingkan kelepon di kelapa parut hingga rata dan siap diplating dan dimakan…nom nom nommm yummy!!!

    campur dan glindingkan kelepon seperti ini supaya kelapa parut melekat rata dan sempurna di permukaan klepon

    campur dan glindingkan kelepon seperti ini supaya kelapa parut melekat rata dan sempurna di permukaan klepon

Alhamdulillah Finally keturutan juga aku makan kelepon di Makassar…hehehe ๐Ÿ™‚

AlhamdulillaH...jadi juga kelepon pandan dan stroberi ku..!!!gampang bukan??

AlhamdulillaH…jadi juga kelepon pandan dan stroberi ku..!!!gampang bukan??

KuliNAKK (KULINER UENAAKKK) JAWA TIMURAN – Holiday Edition

Sebuah vacation, liburan, ataupun jalan-jalan tidak akan pernah lengkap kalau tidak dibarengi namanya kuliner nusantara, atau makanan khas tempat yang kita singgahi.

Naaaaahh…..di kesempatan kali ini sexybeautytraveler mau sharing tentang Kulinak (Kuliner Enakk) khas Jawa Timur. Seminggu yang lalu sexybeautytraveler melakukan perjalanan ke beberapa kota di Jawa Timur dan menikmati beberapa sajian.

1. BAKSO EDDY – Probolinggo

Semangkok Bakso Eddy - Campur

Semangkok Bakso Eddy – Campur

Bakso dijual super manteb (Enak) dengan beragam isian ada yang isi ati, telur puyuh, bakso alus (halus), bakso kasar dan yang gak ketinggalan gorengannya. buat minumannya juga macem-macem tapi biasanya kalau saya dan keluarga paling enak makan bakso sambil nyruput air jeruk adem (es jeruk manis).

Harga 1 porsi bakso campur yaitu Rp. 10.000 (include gorengan), kalau yang hobby nambah gorengan bisa juga mesen lagi gorengannya 1 porsi dengan Rp. 10.000 (itu kalau masih tetep harganya yah?hehehe ๐Ÿ˜› )

Tempatnya tidak jauh dari probolinggo kota, tempatnya didepan Pabrik Eratex. Jangan sampai salah warung…karena berjarak beberapa meter dari Bakso Eddy ada warung yang baru dibangun miriiiiiiippp banget dengan bakso edyy (tapi beda nama ๐Ÿ˜› ). Yang jelas kalauย BAKSO EDDY – Probolinggo tidak pernah sepi oleh pengunjung, dan gak jarang artis-artis ibu kota yang mampir di Jawa Timur diarahkan untuk singgah dan mencicipi Lazizznya ini bakso (meat balls).

2. Tahu Campur – Surabaya

Next Trip adalah icip-icip Tahu Campur di Kota Surabaya, Tahu campur ini terdiri dari tahu (pastinya), lento (Singkong yang dipadatkan),daging-daging glenjer (empuk), mie kuning, selada segar, toge (kecambah), krupuk, dan disiram kuah panas yang Lemak niaaannn (Super Uenakk…!!).

Awalnya dulu aku gak suka banget yang namanya tahu campur, lontong kikil atau dll yang semacamnya tapiiiiiii……sejak diajak ke Salah satu warung kaki lima Tahu Campur di Jalan Diponegoro Surabaya ma Pacarku (Bung Angga Tri Laksana)…aduuuuhhhh langsung deh ketagihaannnnn…Yummmyy….

Tempatnya buka dari sore sampai malem, dan yang jelas gak mungkin sepi pengunjung, ampek penuh-penuh pembelinya. kalau lagi rame bisa sampek antri-antri.

3. Tahu Tek – Surabaya

Tahu Campur sekitar komplek rumah

Tahu Campur sekitar komplek rumah

Masih dengan olahan tahu (hebat bener neh orang surabaya tahu diapain aja). Bedanya Makanan khas surabaya satu ini di gorengย  dengan sedikit telor, terus di kasi toge, dan sambel petis khas surabaya (bagi yang tidak suka pedes bisa order “gak pke pedes mas”). Tentunya disajikan dengan nasi putih anget dibawahnya.

Makanan ini biasanya di jual pas malem, kalau di rumah tinggal ku (Dukuh Kupang Barat) biasa ada mas-mas penjual tahu Tek yang jalan keliling komplek setelah lepas waktu shalat magrib.

4. Lontong Kupang – Sidoarjo

Minggir sebentar di Warung Lontong Kupang Sepanjang Jalan Surabaya-Sidoarjo

Minggir sebentar di Warung Lontong Kupang Sepanjang Jalan Surabaya-Sidoarjo

Kali ini agak mentang (jauh – dalam bahasa jawa timuran) sedikit dari Surabaya yaitu Kota Sidoarjo. Kota Sidoarjo ini ternyata memiliki makanan khas yang Unik dan Enak (NIKNAK) ๐Ÿ˜€ .

Makanan yang saya makan kemarin adalah Lontong Kupang dimana lontong disajikan dengan Kupang (kerang kali kecil-kecil), lento (irisan Singkong yg dibentuk bulat-bulat dan digoreng), petis yang diulek dengan lombok diatas piring saji dan terkhir di siram dengan kuah kupang yang sedap.

Di sepanjang jalan raya Surabaya-Sidoarjo (bukan lewat tol) akan ditemukan sederetan warung kakilima Lontong Kupang dengan Mudah. Biasanya kalau makan lontong kupang minumnya adalah Es Degan Ijo yang dipercaya dapat menetralkan rasa alergi (bagi yang alergi kupang) dan menyegarkan saat siang hari.

Warung Kupang biasanya buka Pagi jam 10 hingga sore, kalau malam jarang yang buka.

5. Kedai Sabindo – Perumahan Ketintang, Surabaya

Roti Cobra - Sabindo

Roti Cobra – Sabindo

Sebetulnya Kedai ini tidak menjual makanan khas Surabaya. Namun Tempat ini saya tulis karena yang disajikan adalah makanan khas timur tengah dengan harga mahasiswa alias terjangkau. Lagi-lagi yang mengajak saya adalah Bung Angga Tri Laksana hehehee.

Di sana kami memesan beberapa makanan yang direkomendasikan seperti Roti Kobra dan Nasi Goreng Ayam Pedas juga tidak lupa memesan Roti Tisu rasa coklat keju untuk di bawa pulang. JEMPOL pokoknya. Kalau Nasi Goreng ayam pedas saya tidak heran tapi untuk nasi kobra dan roti tisu memang sedikit asing.

IMG-20130404-00960

Setelah disajikan saya baru tahu kalau Roti Tisu itu semacam roti tipis (Kue Lekker) yang dibentuk kerucut tinggi dan Crunchy (Kress) saat di gigit. Roti Kobra itu ternyata bukan roti yang ada ularnya melainkan Roti Canai (Roti maryam khas timur tengah) ditambah dengan telor dan daging gulai kambing..Laziiiiizzzzz….

Bagaimana Traveler….???masih mau mikir apa lagiii…??untuk singgah di Surabaya dan menikmati sajian khas Kota-kota Arek Jawa Timur??? ๐Ÿ™‚

Sebetulnya masih banyak sih…KuliNak (Kuliner Enak) yang perlu dicoba dan recomended di Kota-kota yang ada di jawa Timur ini. seperti :

Bebek Sinjay – Bangkalan, Madura

Sego (Nasi) Sambel Bawang Mbah Jayus, Jl. Blimbing, Malang

Burger Buto Kedai 27, Malang

Semanggi Surabaya, Tugu Pahlawan (TP Pagi)

dan masiiiiiiiihhhhh banyak lainnya…tapi yang ditulis…baru ini dulu yah…sabar dan simak terus tulisan Traveling dan Kulinak sexybeautytraveler lainnya..oke